BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Tuntutan
zaman yang semakin canggih jadi seorang harus lebih kreatif dalam proses
pembelajaran, dengan demikian siswa akan merasakan sensasi yang berbeda dalam
proses belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan seorang guru pada umumnya. Dalam
proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan
media pembelajaran.. Di sini juga akan dibahas penggunaan media pembelajaran.
Seperti yang kita ketahui media pembelajaran itu banyak macamnya. Untuk proses
belajar mengajar yang baik kita harus menggunakan media pembelajaran yang
tepat. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada uraian dalam makalah ini.
B. INDENTIFIKASI MASALAH
1. Apa yang di sebut media pembelajaran
2. Kenapa memilih media ‘jika anda
beruntung’
3. Alat yang di gunakan
4. Langkah-langkah penerapan di depan
kelas
5. Langkah-langkah pembuatan media
tersebut
6. Kelebihan
7. Kekurangan
BAB 2
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran secara umum adalah alat
bantu proses belajar
mengejar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang
pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan belajar
sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan
mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran atau
pelatihan.
B. KENAPA MEMILIH MEDIA ‘JIKA ANDA
BERUNTUNG’
Dalam media yang kami pilih ini terdapat suatu
unsur mendidik selain itu juga media ‘jika anda beruntung’ ini selain
memberikan ilmu juga dapat membuat hati senang karena selain belajar dalam
media ini memberikan suguhan berupa permainan kepada peserta didik. Yang
memberikan rasa have fun di setiap permainannya, karena di dalam media ini
terdapat berupa hadiah bagi mereka bisa menjawab dengan benar, dan bagi mereka
yang salah dalam menjawab pertanyaan maka mendapatkan hukuman.
C. ALAT YANG DI GUNAKAN
1. Kertas karton
2. Gunting
3. Silet
4. Penggaris
5. Spidol
6. Origamie
7. Warna
8. stereofom
D. LANGKAH PENERAPAN
Metode media
pembelajaran ’jika anda beruntung’ dalam
penerapan di kelas siswa-siswi di bagi menjadi beberapa kelompok, kemudian siswa-siswi
tersebut harus menguasai bahan ajar yang telah diterangkan oleh guru. Setelah
itu setiap kelompok mendapatkan giliran dalam menjawab semua pertanyan yang
telah di siapkan. Di setiap pertanyaan telah ada jawaban di kertas karton yang
telah tertutup rapat. Jika siswi atau siswa yang dengan benar menjawab setiap
pertanyaan maka mereka akan mendapatkan hadiah selain nilai, hadiah yang telah
di siapkan oleh gruru nya. Dan bagi siswa atau siswi nya yang menjawab
pertanyaannya salah maka mereka mendapat berupa hukuman yang akan di serahkan
oleh siswa atau siswi yang menang.
E. LANGKAH PEMBUATAN
1. Untuk jawaban : Ambil kertas karton gunting
atau silet di bagian tepi nya kemudian di dagian dalamnya tulis dengan spidol
untuk jawaban tapi sebelumnya bikin kotak untuk di setiap huru, lalu hiasi
dengan warna agar telihat menarik.
2. Untuk soal : Ambil kertas oriegami
kemudian bentuk sesuai keinginan, tulis isi soal di bagian yang putih.
3. Setelah soal selesai di buat,
masukkan kedalam stereofom agar menjadi lebih menarik.
F. KELEBIHAN
Media ‘jika anda beruntung’ ini memberikan rasa
kebersamaan di setiap permainan nya, rasa have fun dalam menjawab pertanyaan
atau mendapat hukuman-hukuman. Karena di dalam metode ini tidak terlau di
tuntut untuk belajar yang monoton seperti biasanya.
G. KEKURANGAN
Media ‘jika anda beruntung memiliki berupa
kekurangan yaitu kelas nantinya akan menjadi ribut yang akan mengakibatkan
kelas lain akan terganggu. Susana di dalam kelas akan menjadi gaduh dan kurang
kondusif.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusYANG GAY MERAPAT SAY... ig: rehzadanial follow yachh :*
BalasHapus