Pages

Jumat, 30 November 2012

MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA

MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MATERI IPS


  • GAMBARAN UMUM
    Ular Tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang  atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah tangga dan ular yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini dapat dimainkan untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas, karena didalamnya hanya berisi berbagai bentuk pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa melalui permainan tersebut sesuai dengan jenjang kelas dan mata pelajaran tertentu. Seluruh pertanyaan-pertanyaan tersebut telah dibukukan menjadi satu sekaligus dengan petunjuk permainannya.Gambar tangga merupakan simbol nilai positif (nilai kejujuran) dan gambar ular merupakan simbol nilai negatif (nilai ketidakjujuran).Guru dapat membuat sendiri media ini dengan menyesuaikan tujuan dan materi pembelajaran. Tujuan permainan ular tangga ini adalah untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa agar senantiasa mempelajari atau mengulang kembali materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya yang nantinya akan diuji melalui permainan, sehingga terasa menyenangkan bagi siswa.Penggunaan alat permainan dilakukan secara bertahap yaitu kegiatan yang tergolong mudah, sedang, dan sulit. Alat permainan yang tujuan dan penggunaannya dipersiapkan pendidik juga harus bervariasi sesuai dengan derajat kesulitan tersebut alat permainan yang dipersiapkan oleh guru untuk dipilih oleh anak dalam berbagai kegiatan akan menentukan tumbuhnya perasaan berhasil pada anak sesuai dengan kemampuan mereka.
beberapa manfaat diantaranya adalah:
        a. Mengenal kalah dan menang.
        b. Belajar bekerja sama dan menunggu giliran.
        c. Mengembangkan imajinasi dan mengingat peraturan permainan.
        d. Merangsang anak belajar pramatematika yaitu saat menghitung langkah pada
            permainan ular tangga dan menghitung titik-titik yang terdapat pada dadu.
        e. Belajar memecahkan masalah.

  • Keunggulannya antara lain:
            a. Media permainan ular tangga dapat dipergunakan di dalam kegiatan belajar
                mengajar karena kegiatan ini menyenangkan sehingga anak tertarik untuk
                belajar sambil bermain.
           b. Anak dapat berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara langsung.
           c. Media permainan ular tangga dapat dipergunakan untuk membantu semua
               aspek perkembangan anak salah satu mengembangkan kecerdasan logika
               metematika.
           d. Media permainan ular tangga dapat merangsang anak belajar memecahkan
               masalah sederhana tanpa disadari oleh anak.
           e. Penggunaan media permainan ular tangga dapat dilakukan baik di dalam
               kelas maupun di luar kelas.
  • Kelemahannya antara lain:
            a. Penggunaan media permainan ular tangga memerlukan banyak waktu untuk
                menjelaskan kepada anak.
            b. Permainan ular tangga tidak dapat mengembangkan semua materi
                pembelajaran.
            c. Kurangnya pemahaman aturan permainan oleh anak dapat menimbulkan
                kericuhan.
            d. Bagi anak yang tidak menguasai materi dengan baik akan mengalami
                kesulitan dalam bermain.


  • Langkah langkah :
1) Guru menyiapkan Media berupa beberan dan kartu yang berisi pertanyaan yang                                diletakkan disamping beberan, pada bagian atas / depan kartu bertuliskan nomor dari nomor 1 s.d. no 50.
2) Masing-masing Siswa menyiapkan kertas dan alat tulis
2. Guru membagi mejadi beberapa kelompok berdasarkan jumlah rombel dimana masing-masing kelompk terdiri dari 4 siswa. Apabila setelah dibagi dengan 4 masih ada siswa yang belum mendapatkan kelompok maka bisa dimasukkan dalam kelompok yang lain sehingga ada kelompok yang anggotanya 5 anak.
3. Setiap siswa mendapat satu buah Pion / kertas bertuliskan namanya
4. Kemudian semua hompimpah untuk menentukan siapa yang melempar dadu terlebih dahulu
5. Setiap siswa melempar dadu sesuai dengan urutanya. Setelah siswa melempar dadu siwa menjalankan pion/ kertas yang bertuliskan namanya sesuai dengan hasil lemparan dadu, kemudian siswa mengambil pesan pada nomor tersebut (sesuai dengan hasil lemparannya) dan mengerjakannya pada kertas masing-masing, apa bila dalam melempar keluar angka enam maka siswa yang bersangkutan diperbolehkan melempar dadu lagi.
6. apabila jatuh pada tanda tangga maka Pion/ kertas siswa langsung naik sesuai dengan arah tangga dan tetap mengambil kartu untuk dikerjakan, begitupula apabila pion/kartu tepat pada gambar ekor Ular maka pion /. Kertas yang bertuliskan nama siswa turun mengikuti arah ular dan mengambil kartu untuk dikerjakan.
7. Kartu yang telah diambil ditulis soalnya lalu dikembalikan seperti semula
8. Setiap siswa memikirkan jawaban / soal dari kartu yang mereka pegang
9. setelah semua melempar dan mengerjakan, kembali pada pelempar pertama untuk melempar dadu lagi dan mengambil kartu lagi , begitu juga seterusnya. Permainan berhenti apabila semua pemain sudah berada pada nomor 60 dan sudah mengerjakan semua pesan-pesannya.
10. Pemainnya yang selesai lebih dulu dinyatakan sebagai pemenang
11. Setiap siswa membacakan hasil kerjanya untuk ditanggapi oleh temannya
12. guru memberikan kesimpulan hasil kerja yang telah ditanggapi oleh siswa
13. kemudian lembar jawaban dikumpulkan untuk diberi nilai oleh guru
 14.Guru memberikan nilai berdasarkan keaktifan siswa, kecepatan dalam mengerjakan , dan keberanian siswa untuk tampil membacakan hasilnya. Serta keberanian siswa untuk memberikan tanggapan, kesesuaian antara pertanyaan dan jawaban

  • Cara penerapan dikelas :
      Mencoba memberikan beberapa pengertian tentang metode yang sedang digunakan    agar    metode ini ditanggapi baik oleh para siswa. Bagi siswa yang memenangkan permainan ini akan mendapat nilai lebih dan akan diberikan beberapa hadiah sehingga para murid akan bersemangat mengikuti metode pembelajaran ini dan setiap murid dibagikan beberapa kelompok yang 1 kelompok 4 orang

5 komentar:

  1. terimakasih..kalau boleh tahu penilaiannya seperti apa?

    BalasHapus
  2. Terimakasih sangat membantu dalam penelitian tindakan kelas yang saya lakukan di SMK Negeri 4 Jember.

    BalasHapus
  3. casino: 100% up to $600 Deposit Bonus
    Casino Review: Honest Casino Review 양주 출장마사지 & Ratings 밀양 출장샵 US & Casinos - Get $600 +150 FREE Bonus! Casino Review: Expert Ratings & Ratings Based 전주 출장마사지 on Real Players Rating: 4.5 · 청주 출장마사지 ‎Review by Dr 안양 출장안마

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman

 

Blogger news

Blogroll

About